CARA BIKIN PROPOSAL USAHA
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT karena atas rahmat dan keridoannya, kami bisa
membuat suatugagasan usaha yang
InsyaAlloh akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, danumumnyamasyarakat.
SUMBER MAKMUR ialah nama yang kami buat untuk
kegiatan usaha ini, yang begerak di bidangproduksi keripik daun ketela.
Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah
mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini.
Khususnya kepada dosen pembimbing kami, yang sangat berperan dalam pengarahan
kegiatan usaha ini.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................
i
Bab 1 Profil Perusahaan
A.
Deskripisi
Umum Perusahaan............................................... 1
B.
Riwayat
Perusahaan............................................................... 1
C. Visi dan Misi
Perusahaan.......................................................1
D.
Jenis Usaha
yang Dikelola..................................................... 2
E.
Jenis Usaha
yang Direncanakan............................................ 2
Bab II Kegiatan Pasar dan Pemasaran
A.
Lingkungan Usaha.................................................................
3
B.
Kondisi
Pasar.........................................................................
3
C.
Rencana
Pemasaran............................................................... 3
Bab III Faktor Penghambat dan Pendukung
A.
Faktor
Penghambat ................................................................ 4
B.
Faktor
Pendukung...................................................................4
C. AnalisisSWOT.........................................................................4
Bab IV Aspek Produksi
A. Alokasi
Usaha .........................................................................5
B. Fasilitas
dan Peralatan Produksi...............................................5
C. Bahan
Baku..............................................................................
5
D. Proses
Produksi........................................................................
6
E. Proses
Pengerjaan.....................................................................
6
Bab V Aspek Finansial
A. DrapAnggaran
bisnis............................................................... 7
Bab VI Penutup
A. Antisipasi Masa
Depan........................................................... 9
B. Kesimpulan.............................................................................
9
Lampiran
A. Struktur
Organisasi Perusahaan............................................ 10
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
A.
Deskripsi Umum Perusahaan
SUMBER MAKMUR merupakan
suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan keripik
daun singkong.
Kegiatan usaha ini
bertujuan untuk melatih
kemampuan mahasiswa dalam bidang
kewirausahaan.
B.
Riwayat Perusahaan
SUMBER
MAKMUR dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata
kuliah kewirausahan jurusan pendidikan Komputer Aplikasi Bisnis Atministrasi
Perkantoran dan Ekpor Impor, Fakultas Pendidikan Kejuruan dan Teknologi,
Universitas Pendidikan Indonesia.
C.
Visi dan Misi Perusahaan
VISI
Dengan
berlandaskan iman dan taqwa SUMBER
MAKMUR menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan
berkompetitif di Indonesia.
MISI
1. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan
kreatif.
2. Memuaskankonsumen.
3. Menjadi perusahaan yang terdepan di
bidangnya.
4. Memperluas lapangan kerja untuk
kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan
masyarakat Indonesia pada umumnya.
D.
Jenis Usaha yang Dikelola
SUMBER
MAKMUR bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan keripik daun singkong. Kami memilih usaha di bidang
makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill
yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha
ini.
E.
Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang makanan
yaitu pembuatan kreripik daun singkong. Kami yakin usaha ini akan berkembang
dengan baik karena kami ingin menjalin kerjasama dengan beberapa warung,
kantin-kantin di setiap fakultas, serta kantin-kantin sekolah lainnya.
BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
A. Lingkungan
Usaha
Di Indnesia kebanyakan orang mngisi waktu luang atau waktu sengang dengan
megemil camilan untuk mengisi waktu yang kosong atau untuk sekedar menganjal
perut yang lapar dengan makanan ringan. sehinga kami meluncurkan produk yang
unik yaitu camilan keripik daun singkong .
B. Kondisi Pasar
Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang
usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Seperti keripik tempe, keripik
pisang,keripik bayam dll. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda
dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan meluncurkan sebuah
inovasi keripik daun singkong. Yang rasanya enak, ukuran yang lebih besar,
harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini,
kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.
C. Rencana
Pemasaran
Dengan usaha keripik daun singkong yang bisa dibuat
camilan maupun untuk lauk, maka saya akan memasarkan/menitipkan di kantin,
rumah makan atau agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada
banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini.
BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan
ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut
kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
A.
Faktor penghambat tersebut di antaranya :
1. Pengenalan produk kepada masarakat karena sebelumnya
belum pernah yang
mencoba.
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah
faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan menjual dengan harga yang
terjangkau, membuat brosur untuk pengenalan kepada masarakat.
B. Faktor pendukung usaha ini diantaranya
:
1. Persediaan bahan baku mudah didapat
2. Higienis dan harga yang relatif
terjangkau
3. Merupakan produk yang unik sehinga masyarakan penasaran
untuk mencobanya
C. ANALISIS
SWOT
a.
Strength (kekuatan)
i.
Memiliki banyak
relasi pemasaran, seperti warung, kantin-kantin
universitas, sekolan maupun warung makan .
ii. Hargaprodukekonomisdanhigienis
iii.
Inovasi produk
yang baru dan unik.
b. Weakness (kelemahan)
i.
Kurangnya modal
untuk menjalankan bisnis ini
ii.
Pengenalan
produk kepada masyarakat.
c.
Opportunity (peluang/kesempatan)
i. Peluan usaha yang pertama
ii. Budayamasyarakat yang konsumtif
d. Threat ( hambatan)
i.
Merupakan
produk baru sehiga masyarakat blun mengenal produk tersebut.
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
A. Lokasi Usaha
SUMBER
MAKMUR berlokasi di jalan Pekalongan Malang
Kami memilih lokasi tersebut, karena tempatnya dekat
dengan daerah pemasaran. yaitu disekitar kampus-kampus, dan warung-warung yang
dekat dengan lokasi usaha tersebut.
B. Fasilitas dan
Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang
diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp. 200.000,-
|
Tabung Gas
|
1 buah
|
Rp. 150.000,-
|
Baskom
|
2 buah
|
Rp. 40.000,-
|
Wajan
|
1 buah
|
Rp. 35.000,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 100.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 525.000,-
|
C. Bahan Baku
Bahan baku yang
kami gunakan adalah:
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Tepung Beras
|
10 Kg
|
Rp. 50.000,-
|
Telur
|
6 Biji
|
Rp. 10.000,-
|
Bumbu
|
-
|
Rp. 5.000,-
|
Minyak Goreng
|
5 liter
|
Rp. 45.000,-
|
Jumlah Total
|
1,5 Kg
|
Rp. 110.000,-
|
D. Proses Produksi
Dalam proses
produksi usaha ini diantaranya :
a) Menyiapkanbahan yang akandigunakan
b) Mempersiapkanperalatan yang
akandigunakan
c) Memulai proses pengerjaan
d) Membersihkan hasil pekerjaan agar
lebihbaik (finishing).
e) Pengemasan
E. Proses Pengerjaan
Dalam melakukan
pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari
: Senin –
sabtu
Waktu
: 07.00 – 10.00 WIB
15.00
– 17.00 WIB
BAB V
ASPEK FINANSIAL
A. Rencana
produksi
1. Jenis produk
= Kripik Daun Singkong
2. Jumlah
produksi
= 245 bungkus/bulan = 6370 bungkus/bulan
B. Biaya tetap
1. Sewarumah
= Rp.200.000/bulan
2. Peralatan
= Rp. 525.000 /bulan +
Jumlah
= Rp. 725.000
C. Biaya variabel
1. Bahanbaku
= Rp.85.000/ hari
= Rp.2.935.000/ bulan
2. Biayaoverhead :
-
Listrik
= Rp.30.000/bulan
- Air minum
= Rp.40.000/bulan
-
P3K
= Rp.40.000/bulan
- lain-lain
= Rp.80.000/bulan
+
Jumlah
= Rp.3.125.000
*1
bulankerjadihitung 26 hari
D. Total
Cost
= Rp.3.125.000
E. Rencana pemasaran bulan pertama
-
Harga
pokok
= total cost / jumlah produksi
= Rp.3.125.000/6370
= Rp.490 dibulatkan Rp.500 /bungkus
- Hargajual :
= Rp.800
Kemungkinan nanti untuk warug atau
kantin jualnya Rp.1000/Bungkus
BEP unit untuk bulan pertama
BEP Rp untuk
bulan pertama
=8.333.600
Keuntungan 8.333.600- =5208600
Memiliki
4 kariawan tetap 900000 x 4 orang = Rp.3.600.000. maka, 5208600-3.600.000= 1.608.600, jadi keuntungan
bersih bulan pertama adalah Rp. 1.608.600 ,itu jika seandainya semua biaya yang
dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.
BAB VI
PENUTUP
A. ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan
membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba
memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas
kripik daun singkong yang kami buat. Karena apabila kualitas kripik daun
singkong kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju, dan terancam bangkrut.
B. KESIMPULAN
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai
keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang
karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan
setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat
tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha
ini.
LAMPIRAN
A. Struktur
Organisasi Perusahaan
Struktur
Organisasi
SUMBER MAKMUR
Pimpinan
Perusahaan
: Zukkarnaen
Bendahara
: Tryan heni lestari
Pemasaran
: Jaenal Efendi
No comments:
Post a Comment