Pages

Tuesday, April 9, 2013

CARA BIKIN PROPOSAL USAHA

CARA BIKIN PROPOSAL USAHA

KATA PENGANTAR





            Puji dan syukur  kami  panjatkan kepada Alloh  SWT karena atas rahmat dan keridoannya, kami bisa membuat suatugagasan usaha  yang InsyaAlloh akan bermanfaat bagi kami  sebagai pemilik usaha,  investor, danumumnyamasyarakat.

            SUMBER MAKMUR  ialah nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini, yang begerak  di  bidangproduksi keripik daun ketela.

            Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran usaha ini. Khususnya kepada dosen pembimbing kami, yang sangat berperan dalam pengarahan kegiatan usaha ini.



Penyusun


DAFTAR ISI
Kata Pengantar....................................................................................... i
Bab 1 Profil Perusahaan
A.    Deskripisi Umum  Perusahaan............................................... 1
B.     Riwayat Perusahaan............................................................... 1
C.     Visi dan Misi Perusahaan.......................................................1
D.    Jenis Usaha yang Dikelola..................................................... 2
E.     Jenis Usaha yang Direncanakan............................................ 2
Bab II Kegiatan Pasar dan Pemasaran
A.    Lingkungan Usaha................................................................. 3
B.     Kondisi Pasar......................................................................... 3
C.     Rencana Pemasaran............................................................... 3
Bab III  Faktor Penghambat dan Pendukung
A.    Faktor Penghambat ................................................................ 4
B.     Faktor Pendukung...................................................................4
C.    AnalisisSWOT.........................................................................4    
Bab IV Aspek Produksi
A. Alokasi Usaha .........................................................................5
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi...............................................5
C. Bahan Baku.............................................................................. 5
D. Proses Produksi........................................................................ 6
E. Proses Pengerjaan..................................................................... 6
Bab V Aspek Finansial
A.  DrapAnggaran bisnis............................................................... 7  
Bab VI Penutup
A.  Antisipasi Masa Depan........................................................... 9
B.  Kesimpulan............................................................................. 9
Lampiran
A.  Struktur Organisasi Perusahaan............................................ 10

  


BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
A.    Deskripsi Umum Perusahaan

  SUMBER MAKMUR merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan keripik daun singkong.
Kegiatan  usaha ini  bertujuan  untuk  melatih  kemampuan  mahasiswa  dalam  bidang kewirausahaan.

B.     Riwayat Perusahaan

SUMBER MAKMUR dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah kewirausahan jurusan pendidikan Komputer Aplikasi Bisnis Atministrasi Perkantoran dan Ekpor Impor, Fakultas Pendidikan Kejuruan dan Teknologi, Universitas Pendidikan Indonesia.

C.    Visi dan Misi Perusahaan

VISI
Dengan berlandaskan iman dan taqwa SUMBER MAKMUR menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
                   
MISI
1.    Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kreatif.
2.    Memuaskankonsumen.
3.    Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
4.    Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran mahasiswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.





D.    Jenis Usaha yang Dikelola

SUMBER MAKMUR bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan keripik  daun singkong. Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill  yang kami miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.
E.     Jenis Usaha yang Direncanakan

Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan kreripik daun singkong. Kami yakin usaha ini akan berkembang dengan baik karena kami ingin menjalin kerjasama dengan beberapa warung, kantin-kantin di setiap fakultas, serta kantin-kantin sekolah lainnya.




BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A.  Lingkungan Usaha


Di Indnesia kebanyakan orang  mngisi waktu luang atau waktu sengang dengan megemil camilan untuk mengisi waktu yang kosong atau untuk sekedar menganjal perut yang lapar dengan makanan ringan. sehinga kami meluncurkan produk yang unik yaitu camilan keripik daun singkong .

B.  Kondisi Pasar


Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Seperti keripik tempe, keripik pisang,keripik bayam dll. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari produk-produk  yang sudah ada. Yaitu, dengan meluncurkan sebuah inovasi keripik daun singkong. Yang rasanya enak, ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.
C.  Rencana Pemasaran

Dengan usaha keripik daun singkong yang bisa dibuat camilan maupun untuk lauk, maka saya akan memasarkan/menitipkan di kantin, rumah makan  atau  agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini.
BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
A.    Faktor penghambat tersebut di antaranya :
1.    Pengenalan produk kepada masarakat karena sebelumnya belum  pernah  yang  mencoba.
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan menjual dengan harga yang terjangkau, membuat brosur untuk pengenalan kepada masarakat.
B.     Faktor pendukung usaha ini diantaranya :
1.    Persediaan bahan baku mudah didapat
2.    Higienis dan harga yang relatif terjangkau
3.    Merupakan  produk yang unik sehinga masyarakan penasaran untuk  mencobanya
C.     ANALISIS SWOT
a.       Strength (kekuatan)
                                              i.      Memiliki banyak relasi pemasaran, seperti warung, kantin-kantin  universitas, sekolan maupun warung makan .
                                              ii.      Hargaprodukekonomisdanhigienis
                                              iii.      Inovasi produk yang baru dan unik.
b.      Weakness (kelemahan)
                                                  i.      Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini
                                                ii.      Pengenalan produk kepada masyarakat.
c.       Opportunity (peluang/kesempatan)
                                                  i.      Peluan usaha yang pertama
                                                ii.      Budayamasyarakat yang konsumtif
d.      Threat ( hambatan)
                                                  i.      Merupakan produk baru sehiga masyarakat blun mengenal produk tersebut.




BAB IV
ASPEK PRODUKSI

A.  Lokasi Usaha
SUMBER MAKMUR berlokasi di jalan Pekalongan Malang
Kami memilih lokasi tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran. yaitu disekitar kampus-kampus, dan warung-warung yang dekat dengan lokasi usaha tersebut.

B.  Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
JUMLAH
HARGA
Kompor gas
1 buah
Rp. 200.000,-
Tabung Gas
1 buah
Rp. 150.000,-
Baskom
2 buah
Rp. 40.000,-
Wajan
1 buah
Rp. 35.000,-
Lain-lain
-
Rp. 100.000,-
TOTAL JUMLAH

Rp. 525.000,-

C.  Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan adalah:

Bahan
Jumlah
Harga
Tepung Beras
10 Kg
Rp. 50.000,-
Telur
6 Biji
Rp. 10.000,-
Bumbu
-
Rp. 5.000,-
Minyak Goreng
5 liter
Rp. 45.000,-
Jumlah Total
1,5 Kg
Rp. 110.000,-




D.  Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini diantaranya :
a)    Menyiapkanbahan yang akandigunakan
b)   Mempersiapkanperalatan yang akandigunakan
c)    Memulai proses pengerjaan
d)   Membersihkan hasil pekerjaan agar lebihbaik (finishing).
e)  Pengemasan
E.  Proses Pengerjaan
Dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari                        : Senin – sabtu
Waktu         : 07.00 – 10.00 WIB
                      15.00 – 17.00 WIB



BAB V
ASPEK FINANSIAL

A.    Rencana produksi
1.    Jenis produk                       = Kripik Daun Singkong
2.    Jumlah produksi                 = 245 bungkus/bulan = 6370 bungkus/bulan

B.     Biaya tetap
1.    Sewarumah                        = Rp.200.000/bulan
2.    Peralatan                             = Rp. 525.000 /bulan      +  
Jumlah                                = Rp. 725.000

C.     Biaya variabel
1.     Bahanbaku                        = Rp.85.000/ hari
 = Rp.2.935.000/ bulan
2.  Biayaoverhead :
- Listrik                               = Rp.30.000/bulan
- Air minum                        = Rp.40.000/bulan
- P3K                                  = Rp.40.000/bulan
- lain-lain                             = Rp.80.000/bulan          +
Jumlah                                = Rp.3.125.000
      *1 bulankerjadihitung 26 hari
D.    Total Cost                               =  Rp.3.125.000
E.     Rencana pemasaran bulan pertama
            - Harga pokok                         = total cost / jumlah produksi
                                          = Rp.3.125.000/6370
                                          = Rp.490 dibulatkan Rp.500 /bungkus
            - Hargajual :                           = Rp.800
Kemungkinan nanti untuk warug atau kantin jualnya  Rp.1000/Bungkus        
     

BEP  unit untuk bulan pertama
         
     

BEP Rp untuk bulan pertama
=8.333.600
Keuntungan  8.333.600- =5208600
  Memiliki 4 kariawan tetap 900000 x 4 orang = Rp.3.600.000. maka, 5208600-3.600.000= 1.608.600, jadi keuntungan bersih bulan pertama adalah Rp. 1.608.600 ,itu jika seandainya semua biaya yang dikeluarkan ingin kembali dalam produksi bulan pertama.




BAB VI
PENUTUP

A.  ANTISIPASI  MASA  DEPAN
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas kripik daun singkong yang kami buat. Karena apabila kualitas kripik daun singkong kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.

B. KESIMPULAN
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.



LAMPIRAN

A.      Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi
SUMBER MAKMUR  
Pimpinan Perusahaan                : Zukkarnaen
Bendahara                                 : Tryan heni lestari
Pemasaran                                 : Jaenal Efendi
Produksi                                    :  Tiya yuni kartika
























                                   

No comments:

Post a Comment